Hati-hati Penipuan yang mengatasnamakan Kepala BKD, yang menjanjikan bisa mempermudah seseorang untuk diangkat menjadi CPNS dengan meminta imbalan sejumlah uang. Penerimaan CPNS dilakukan secara transparan dan diumumkan secara terbuka kepada masyarakat.
Slideshow

Search
Contact

Counter
  • Site Counter: 394,934
  • Unique Visitor: 67,690
  • Your IP: 54.158.219.248
  • Since: 2009/09/09 09:00
SiteUptime Monitoring
Berita

PostHeaderIcon Penyerahan SK CPNS Honorer K-1, Formasi TH.2012

PRAGOLO-Kamis, 28 Februari 2013 merupakan hari bersejarah bagi Calon Pegawai Negeri Sipil dari Honorer Ketegori 1 Formasi Tahun 2012, karena pada hari tersebut telah diserahkan SK Bupati tentang pengangkatan cpns dari tenaga honorer kategori formasi tahun 2012. Kebanyakan mereka sudah mengabdikan diri dengan status tenaga honorer lebih dari 10 tahun, bahkan ada yang sudah bekerja selama 28 tahun. Penyerahan SK secara simbolis diserahkan langsung Bupati Pati Haryanto, SH, MM, M.Si dengan didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah Drs. Jumani, M.Si.

Dalam sambutannya Kepala BKD melaporkan bahwa berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia tanggal 30 November 2012 Nomor FH/203/M.,PAN-RB/11/2012 Perihal Tambahan Alokasi Formasi CPNS Tahun 2012 dari Tenaga Honorer, Pemerintah Kabupaten Pati memperoleh alokasi untuk Tenaga Honorer sebanyak 79 Formasi dengan rincian sebagai berikut Guru sebanyak 2 Formasi sedangkan Tenaga Teknis 77 Formasi.

Selanjutnya berdasarkan surat Bupati Pati Nomor: 800/2228.1/2012 Perihal Usul penetapan NIP. An. Yarmo dkk (50 orang) dan Nomor: 800/2228.2/2012 Perihal Usul penetapan NIP. An. Slamet Sudaryanto dkk (28 orang) Pemerintah Kabupaten Pati mengusulkan penetapan NIP bagi CPNS Tenaga Honorer Kategori I sejumlah 78 orang, sedangkan 1 (satu) orang an. SUWARI Unit Kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Pati tidak memenuhi syarat untuk diusulkan penetapan NIP-nya. Dari usul penetapan NIP tersebut telah ditetapkan NIP-nya sebanyak 78 Orang yang akan menerima SK CPNS, dengan rincian sebagai berikut : - Golongan III sebanyak : 5 orang; - Golongan II sebanyak : 53 orang; - Golongan I sebanyak : 20 orang.

Bupati Pati H. Haryanto, SH, MM, M.Si dalam sambutannya mengajak para penerima SK untuk bersyukur kepada Allah SWT, karena pengabdian mereka selama ini akhirnya diakui secara resmi dengan diseraterimakannya SK CPNS. Kepada para CPNS diharapkan lebih disiplin dan lebih bersemangat dalam bekerja karena sudah menyandang status baru sebagai Calon Pegawai Negeri sipil. *har

PostHeaderIcon Uji Potensi bagi Pejabat Struktural Eselon II, III dan Kepala Sekolah SMP, SMA/SMK di Lingkungan Pemkab Pati

 

 Setwan-Bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Pati, Sabtu 13 Oktober 2012 telah diselenggarakan kegiatan uji potensi bagi Pejabat Struktural Eselon II, III dan Kepala Sekolah SMP,SMA/SMK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati. Maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan kepribadian seorang pejabat/kepala sekolah, yang selanjutnya hasil dari uji potensi dimaksud digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk penataan dan penempatan jabatan. Diharapkan akan mendapatkan pejabat yang lebih profesional sesuai dengan bidang dan kemampuannya. Uji potensi ini terselenggara atas kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pati degan kajian Psikologi Terapan “INSIGHT” Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus (UMK).
 
Adapun jumlah peserta Uji Potensi sebanyak 221 orang yang terdiri dari Eselon II sebanyak 20 orang, Eselon III sebanyak 140 orang, Kepala Sekolah SMP, SMA/SMK sebanyak 61 orang. Mengingat banyaknya peserta maka pelaksanaan uji potensi ini dibagi menjadi 3 kelompok yaitu : Eselon II di Ruang Fraksi Sekretariat DPRD Kab.Pati, Eselon III di ruang Aula Sekretariat DPRD dan Kepala Sekolah SMP, SMA/SMK menempati ruang Banggar Sekretariat DPRD Kab. Pati.
 
Acara didahului oleh pengantar Pembukaan oleh Plt Kepala BKD yang juga Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Pati, Drs. Sarpan, SH, MM kemudian disambung sambutan dari Bupati Pati  bapak Haryanto, SH, MM. Dalam sambutannya Bupati menyampaikan uji potensi ini salah satu tujuannya adalah untuk mengetahui loyalitas pejabat dan komitmennya terhadap organisasi. Disamping itu hasil dari uji potensi ini untuk mengetahui karakteristik kepribadian masing-masing pejabat dan Kepala Sekolah. (*har)

PostHeaderIcon Pelepasan Pegawai BKD (Mutasi & Promosi)

BKD Pati- Rabu, 24 September 2012 bersamaan dengan kegiatan apel pagi karyawan-karyawati BKD Pati, dilakukan acara perpisahan Pegawai BKD karena Promosi dan Mutasi Jabatan. Sesuai dengan Surat Keputusan Bupati  Nomor 821.2/2299/2012 tertanggal 21 September 2012 tentang Pengangkatan Jabatan Struktural Eselon III dan IV tahun 2012, di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati ada 3 orang pegawai BKD yang mutasi dan 1 orang yang mendapat promosi jabatan.

Pegawai BKD yang mutasi adalah :

Sri Mulyanto, SH, MM : jabatan lama Kabid Pengembangan Sumber Daya Manusia Badan Kepegawaian Daerah Kab.Pati; Jabatan Baru Kabid Pengawasan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Pati.

Drs. Febes Mulyono, M.Sc, M.Eng : jabatan lama Kabid Mutasi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten pati; Jabatan baru Sekretaris Camat Gabus

Slamet, SE, MM : jabatan lama Kasubbid Pengadaan dan Jabatan Badan Kepegawaian Daerah Kab.Pati; jabatan baru Kasi esejahteraan sosial Kec.Juwana

Pegawai BKD yang promosi adalah :

Willy Yoga Susetya, S.Kom : jabatan lama Staf Badan Kepegawaian Daerah Kab. Pati; Jabatan baru Kasubbag Umum RSUD RAA Soewondo Kab. Pati

Dalam kesempatan tersebut Sri Mulyanto menyampaikan kesan-kesannya yang sudah sekian lama menjadi pegawai BKD. Beliau juga memberi pesan agar tidak memberi tanggapan atas informasi yang tidak utuh, karena dapat berakibat salah menilai (memberi presepsi yang berbeda) bahkan salah mengambil keputusan. Di akhir sambutan beliau menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan dan kekurangan selama bekerja di BKD.

Selanjutnya sambutan  Drs. Sarpan, SH, MM selaku Plt Kepala BKD, menyampaikan  terima kasihnya atas pengabdian rekan-rekan BKD khususnya yang mendapat promosi dan mutasi. Mutasi  adalah hal yang biasa dalam sebuah dinamika organisasi. Setiap perubahan harus disikapi dengan ikhlas dan rasa syukur, bisa jadi yang kelihatannya tidak mengenakkan, namun dibalik itu ada kebaikan. Diharapkan baik yang mutasi maupun promosi dapat segera menyesuaian diri dengan kondisi dan lingkungan kerja yang baru, sehingga tugas baru yang sudah menanti dapat diselesaikan dengan baik.

Sebuah bingkisan kecil diberikan menjadi tanda mata dari keluarga besar BKD Pati, dan acara pagi itu diakhiri dengan memberikan salam perpisahan dengan berjabat tangan. (*har)

PostHeaderIcon Profil Pegawai BKD Yang Dipercaya Menjadi Mayoret DrumBand Pemkab PATI

BKD Pati-Mulai tanggal 01 Juni 2011 salah seorang pegawai BKD, Indah Febriana Wijayanti dipercaya menjadi mayoret Drum Band Pemkab Pati.  Indah yang merupakan alumnus terbaik STPDN Jatinangor Sumedang Jawa Barat, lulus tahun 2006 dan mengawali karier sebagai PNS yang bertugas pertama kali di bagian Umum dan perlengkapan lalu diperbantukan sebagai Ajudan Bupati mulai 01 Oktober 2006-01 Februari 2009. Selanjutnya dimutasikan ke BKD dan mulai berkecimpung sebagai anggota drumband Pemkab Pati  hingga dipercaya menjadi mayoret.

Sebagai PNS yang sebelumnya digembleng dalam pendidikan semi keras dan penuh disiplin, sejak duduk di bangku SMPN 3 Pati, dilanjutkan di SMA Taruna Nusantara Magelang, kemudian melanjutkan di STPDN Jatinangor Sumedang Jawa Barat. Berbekal latar belakang pendidikan tersebut sehingga kedisiplinan lebih terjaga dan selalu mudah menyesuaikan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan baris berbaris ataupun upacara.

Diakui Indah dalam mengiringi upacara kebesaran seperti HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ia harus mampu memimpin dengan baik, karena dalam iringan musik berkaitan dengan musik kebesaran militer juga berhubungan dengan pasukan. Untuk itu demi lebih meningkatkan pengalaman dalam bertugas sebagai mayoret yang menjadi fokus untuk tampil didepan, lebih banyak belajar dari seniornya dan juga pelatih. Saat mengiringi upacara Kemerdekaan RI Drumdband Pemkab Pati ini memakai seragam kebesaran dengan balutan kostum bernuansa merah putih.

Indah yang dikenal sebagai sosok yang mudah bergaul dan murah senyum ini, saat ini sudah dipromosikan dari staf menjadi Kasubbag Umum dan Kepegawaian di BKD Pati. Namun begitu Indah dapat membagi waktu antara melaksanakan tugas keseharian di kantor dengan latihan rutin sebagai mayoret drumband Pemkab Pati, sehingga keduanya dapat berjalan beriringan.*har  (BMT 01)

PostHeaderIcon Pertama kali Aplikasi BPIS Versi 1.0 tampil di Website BKD Pati

 

BKD Pati-Seperti tahun-tahun sebelumnya setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri, Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pati mendata PNS/CPNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati untuk menerima Tambahan Penghasilan (TPP). Pada tahun lalu proses pendataan dilakukan secara manual, yakni setiap SKPD menyerahkan data secara langsung ke BKD Pati, maka mulai tahun ini proses input data TPP bisa dilakukan melalui sebuah aplikasi online. Aplikasi online ini bisa diakses di http://bkd.patikab.go.id/bpis atau http://bkd.jvnix.com/bpis.

Program aplikasi ini dinamakan Aplikasi Sistem Informasi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pati (BPIS), yang didesain dan dikembangkan oleh team dari BKD Pati yang diprakarsai oleh Bpk. Bayu Setyatmoko, ST. Saat implementasi aplikasi BPIS diadakan pelatihan operator komputer pada tiap SKPD selama 10 hari di BKD Pati Bidang Informasi Data. Para peserta pelatihan didampingi oleh Team dari BKD Pati yaitu Bpk. Prapto Suseno, SE, Bpk. Willy Yoga Susetya, S.Kom, Bpk. Haris Riyanto, S.Kom dan Bpk. Bayu Setyatmoko, ST sehingga para peserta bisa langsung bertanya kepada team BKD Pati. Secara umum Program aplikasi ini cukup simple dan user friendly sehingga mudah dioperasikan.

Tahun ini proses pelatihan program Aplikasi TPP sekaligus proses entry data TPP dilakukan oleh operator komputer pada tiap SKPD di BKD Pati pada awal bulan Agustus 2011. Diharapkan pada tahun depan proses entry data TPP bisa dilakukan via internet di masing-masing SKPD.*har

PostHeaderIcon Acara Pelepasan Purna Tugas, Promosi dan Rotasi Pejabat Struktural BKD Pati

 

BKD Pati-Apel pagi sudah menjadi rutinitas setiap pagi sebelum menjalankan tugas di BKD. Namun apel pagi kali ini Jum’at 01 Juli 2011 terasa ada yang spesial. Karena setelah apel selesai dilanjutkan acara pelepasan Purna Tugas Bapak Legiman yang memasuki Batas Usia Pensiun per 01 Juli 2011. Beliau adalah pegawai BKD bagian Subbag Umum & Kepegawaian
 
Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan acara pelepasan mutasi pegawai struktural BKD, Beliau adalah Bapak Drs. Jumani yang sebelumnya Kabid Pengembangan Sumber Daya Manusia Badan Kepegawaian Daerah akan mutasi menjadi Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Sedangkan Bapak Muh Saiful Ikmal, SSTP,M.Si yang sebelumnya Kasubbid Pengadaan dan Jabatan Badan Kepegawaian Daerah akan menjabat Kasubbag Perencanaan Inspektorat Kab. Pati.

PostHeaderIcon Songsong Tahun Baru 2011, dengan Semangat Baru

Tidak terasa kita sudah meninggalkan tahun 2010 dan mulai memasuki tahun yang baru 2011. Banyak hal yang sudah kita lakukan di tahun 2010, banyak harapan dan cita-cita yang tercapai namun tidak sedikit pula yang gagal kita wujudkan ditahun 2010 kemarin. Namun kita tidak boleh terlalu berbangga dan terlena dengan apa yang telah kita raih, sebaliknya kita juga tidak boleh patah semangat atas kegagalan yang terjadi. Semua itu adalah proses yang mesti kita jalani. Yakinlah bahwa kegagalan yang kemarin masih ada harapan untuk meraih keberhasilan di tahun ini. Pada prinsipnya keberhasilan dan kegagalan adalah dua sisi yang saling berdekatan.

 
Memasuki tahun baru 2011 ada baiknya kita bertekad bulat untuk melakukan suatu “perubahan” dalam diri pribadi kita, yang tentunya perubahan untuk menjadi lebih baik. Disini kita dituntut punya kesadaran tentang apa yang akan kita lakukan di tahun yang baru dan tahun-tahun mendatang. Membuat perubahan tidak mudah khususnya bila kita tidak bisa melihat seperti apa hasilnya nanti. Diperlukan tekad dan motivasi yang kuat dan “istiqomah” untuk mewujudkan perubahan kearah yang lebih baik.
 
Mari kita songsong tahun baru ini dengan semangat baru, kita tunjukkan performa kinerja dan loyalitas kita lebih baik dari tahun sebelumnya demi pengabdian kepada bangsa dan negara tercinta ini. (har)

PostHeaderIcon Permendiknas No 28 Tahun 2010, Mutasi Kasek Kini Kewenangan Menteri

Kini ada aturan baru tentang mutasi kepala sekolah (kasek). Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mengambil alih kewenangan daerah untuk memutasi kasek.Itu seiring diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru Menjadi Kepala Sekolah.

Mendiknas M. Nuh menjelaskan, peraturan tersebut berlaku untuk mutasi Kasek/madrasah pada jenjang TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK. Tidak terkecuali rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI). "Semua jenjang akan diatur oleh Permendiknas," ungkapnya.

PostHeaderIcon Verifikasi dan Validasi Tenaga Honorer Hanya Hasilkan Opsi MK atau TMK, Bukan Tentukan Lulus CPNS

BKN Jakarta-Pelaksanaan Verifikasi yang rencananya akan dilaksanakan pada awal Oktober dan berakhir pada minggu ketiga bulan November tidak menjadikan tenaga honorer langsung menjadi CPNS. Verifikasi dan validasi hanya menghasilkan opsi memenuhi kriteria (MK) yang selanjutnya dapat melakukan pemberkasan sebagai CPNS atau tidak memenuhi kriteria (TMK) yang berarti tidak dapat diangkat menjadi CPNS. Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Tim Kerja Pendataan, Verifikasi dan Validasi Tenaga Honorer Bambang Chrisnadi dihadapan pejabat kepegawaian instansi pusat pada Rapat Persiapan Verifikasi dan Validasi di BKN Pusat Jakarta, Rabu (22/9).

PostHeaderIcon Hati-hati Penipuan Via Telepon Yang Mengatasnamakan Kepala BKD

BKD Pati-Diberitahukan kepada masyarakat pada umumnya, dan sekolah-sekolah pada khususnya untuk tidak mudah percaya kepada oknum yang menjanjikan seseorang untuk bisa diangkat jadi CPNS. Mulai kemarin Selasa, 20 Juli 2010 banyak sekolah yang ditelepon oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dengan mengatasnamakan Kepala BKD (Bapak Haryanto) dan Bapak Jumani, yang isinya :

-Minta data Tenaga Honorer dan Wiyata Bhakti

-Menjanjikan bisa memasukkan ke Database untuk diangkat menjadi CPNS

-Kemudian meminta sejumlah uang untuk ditranfer ke nomor rekening tertentu.

Ditegaskan disini bahwa hal tersebut adalah murni PENIPUAN yang dilakukan oleh sindikat penjahat yang terstruktur. Apabila ada telepon dengan modus seperti tersebut diatas, harap segera menghubungi / konfirmasi ke BKD Pati.

PostHeaderIcon Daftar Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah VI Yang Memperoleh Ijin & Melaksanakan Pendidikan Th.Akademik 2009/2010

 
Berikut Daftar Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah VI Yang Memperoleh Ijin dan Melaksanakan Pendidikan Tahun Akademik 2009/2010. Selengkapnya klik disini

PostHeaderIcon PNS Mulai Diperketat, Tak Boleh Terlambat

Ini peringatan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sering melakukan pekerjaan sampingan, sehingga sering meninggalkan pekerjaan alias membolos. Menyusul dengan telah ditetapkannya PP 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS yang merupakan perubahan atas PP 30 Tahun 1980.

Dalam aturan disiplin PNS itu, paling pokok adalah pendelegasian pejabat pemberi sanksi bagi pegawai yang melanggar aturan. Selain itu diatur tentang ketidakhadiran PNS yang lebih diperketat.
“PNS yang suka bolos dan sering terlambat ada sanksinya. Apa saja sanksinya ada diatur semua dalam PP 53 Tahun 2010 itu,” ucap Deputi Kemenpan&RB bidang SDM Aparatur Ramli Naibaho di kantornya, Selasa (22/6).

PostHeaderIcon Penyerahan SK Bupati Pati Tentang Pengangkatan Menjadi PNS Tahun 2009

 
BKD Pati-Sabtu tanggal 12 Desember 2009 bertempat di Pendopo Kabupaten Pati, telah dilaksanakan upacara Penyerahan Surat Keputusan Bupati Pati tentang pengangkatan menjadi PNS dan pengambilan sumpah / janji PNS tahun 2009. Upacara Penyerahan dipimpin langsung oleh Bupati Pati H.Tasiman SH, sedangkan pembacaan Laporan Penyelenggaraan Upacara disampaikan oleh Kepala BKD Kabupaten Pati H. Haryanto, SH, MM.

PostHeaderIcon Tiga Menteri Tandatangani SKB Hari Libur Nasional Tahun 2010

Hari libur nasional 2010, Jumat (7/8) diumumkan setelah tiga menteri menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB). Penetapan hari libur nasional disepakati rapat empat menteri yang dipimpin Menko Kesra Aburizal Bakrie, di Jakarta. SKB tersebut bernomor:1 Tahun 2009, Nomor: SKB/13/M.PAN/8/2009, dan Nomor : KEP.227/MEN/VIII/2009, tertanggal 7 Agustus 2009 tentang Hari Libur Nasional 2010.

Tiga menteri yang menandatangani surat keputusan bersama tersebut Menteri Agama M Maftuh Basyuni, Menakertrans Erman Suparno dan Meneg Pemberdayaan Aparatur Negara Taufik Efendi.

PostHeaderIcon Pajak Mengincar PNS Baru Dan Profesional

JAKARTA. Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak tidak akan berhenti mengejar target menambah nomor pokok wajib pajak (NPWP). Setelah pegawai swasta, kini sasaran terbarunya adalah pegawai negeri sipil (PNS) baru.

Direktur Jenderal Pajak Mochamad Tjiptardjo mengatakan, jumlah PNS yang punya NPWP kebanyakan berasal dari golonagan yang sudah tinggi. “Kami yakin golongan ini sudah punya. Sebab, setiap bulan, gajinya dipotong,” katanya, Minggu (9/8).